CARA MENSITASI ATAU MEMBUAT RUJUKAN KUTIPAN DARI JURNAL ORANG LAIN AGAR TERINDEKS GOOGLE SCHOLAR

Kutipan atau sitasi menjadi kebutuhan penting dalam penulisan karya ilmiah, sebagai bettuk penghargaan kita terhadap karya ilmiah orang lain, juga bagian dari interitas, kejujuran dan keterbukaan dalam dunia kademis serta masyrakat di lingkungan perguruan tinggi. jangan smapai kita terkait dengan masalah pelanggaran etika ilmiah dengan melakukan " Copy & Paste ", bahkan dapat berujung pada tindak pidana atas undang-undang yang berlaku. bahkan ada orang ataupun sumber yang menerapkan perolehan ijin terlebih dahulu jika kalimat atau pernyataannya dikutip dalam tulisan kita.
Sitasi atau penulisan Kutipan biasanya dituliskan pada bagian Daftra Pustaka atau Referensi dari tulisan ilmiah kita.


Bagi teman-teman yang masih bingung bagimana cara mensitasi yang benar dari tulisan karya ilmiah orang lain, agar terindeks pada google scholar, berikut ini saya jelaskan stepnya:

1.  Temukan  artikel terkait karya ilmiah yang akan dijadikan rujukan dan kita akan membuat sitasinya pada google cendikia. lalu klik tanda Kutip Dua  ( ) seperti contoh pada gambar yang diberi lingkaran.

Gambar 1. Artikel yang sudah terindeks google scholar yang akan disitasi



 2. Akan tampil model atau jenis pola penulisan sitasi atau kutipan setelah tanda ( ) di Klik. sesuaikan dengan aturan penulisan yang diterapkan pada karya tulis ilmiah kita. menggunakan pola  MLA , APA , ISO 690

Gambar 2. Tampilan Jenis Pola Penulisna Kutipan
 
 
3. Klik pada model kutipan yang akan di sitasi, secara otomatis model sitasi akan ter Block. tekan button Ctrl + C  pada Keyboard kita atau Klik Kanan pada Mouse pilih Copy, lalu buka halaman Referensi pada aplikasi tulisan ilmiah kita dan tekan button keyboard Ctrl + V atau Klik Kiri pada Mouse pilih Paste.
 
 
 
Gambar 3. Tampilan model jenis penulisan sitasi yang akan di Copy kedalam halaman Referensi dari karya ilmiah kita.
 
seperti itulah cara mensitasi tulisan ilmiah orang lain kedalam karya ilmiah kita, dan setiap karya ilmiah yang disitasi orang lain dapat terindeks pada google scholar kita sebagai data rujukan 
 
sumber : http://adi1986.blogspot.co.id/2017/10/cara-mensitasi-atau-membuat-rujukan.html

Connect with us

Jalan Raya Gurun Aur, Nagari Kubang Putiah Kec. Banuhampu Kec. Banuhampu - Agam - Sumatera Barat

  • lp2m@iainbukittinggi.ac.id

Visitor

41159
Hari iniHari ini68
KemarinKemarin76
Minggu iniMinggu ini202
Bulan iniBulan ini1423
Total KunjunganTotal Kunjungan41159

Search